Bagaimana Menyiapkan Ciffon Cake Pandan Menul Lembut tanpa pengembang yang Enak Banget

Ciffon Cake Pandan Menul Lembut tanpa pengembang.

Ciffon Cake Pandan Menul Lembut tanpa pengembang

Lagi mencari inspirasi resep ciffon cake pandan menul lembut tanpa pengembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ciffon cake pandan menul lembut tanpa pengembang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ciffon cake pandan menul lembut tanpa pengembang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ciffon cake pandan menul lembut tanpa pengembang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ciffon cake pandan menul lembut tanpa pengembang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ciffon Cake Pandan Menul Lembut tanpa pengembang memakai 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ciffon Cake Pandan Menul Lembut tanpa pengembang:

  1. Sediakan Bahan A :.
  2. Siapkan 8 butir kuning telur.
  3. Siapkan 150 gr tepung terigu (kunci biru).
  4. Ambil 20 gr tepung maizena.
  5. Siapkan 20 gr susu bubuk (1 sachet Dancow putih, sisain sedikit).
  6. Gunakan 145 ml santan kental (santan kara).
  7. Siapkan 1 sdt pasta pandan.
  8. Sediakan 80 ml minyak goreng.
  9. Ambil 1/2 sdt garam.
  10. Sediakan Bahan B :.
  11. Gunakan 8 butir putih telur.
  12. Gunakan 170 gr gula pasir.
  13. Sediakan 1 sdt air jeruk nipis (1/2 sdt cream of tar-tar).

Langkah-langkah membuat Ciffon Cake Pandan Menul Lembut tanpa pengembang:

  1. Ayak terigu, maizena, dan susu dalam wadah yang agak besar. Tambahkan garam. Aduk rata menggunakan whisk. Buat lubang di tengah, masukkan kuning telur. Aduk perlahan hingga tepung tercampur. Jika adonan sudah terasa berat, tambahkan santan. Aduk perlahan hingga tercampur adonannya. Jika adonan terasa berat, masukkan minyak goreng dan terakhir masukkan pasta pandannya. Aduk rata kembali dan usahakan adonan tidak bergerindil. Aduk hingga rata dan halus. Kemudian sisihkan..
  2. Dalam wadah terpisah, mixer putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbusa. Lalu tambahkan air jeruk, tambah sedikit kecepatan, masukkan gula nya secara bertahap, sedikit demi sedikit hingga gula pasirnya habis. Tambah kecepatan mixer dan kocok hingga adonan putih telur soft peak (adonan lembut, putih mengkilap dan jika dibalik wadahnya, adonan tidak tumpah)..
  3. Setelah itu tuang adonan putih telur ke dalam adonan hijau sedikit demi sedikit, secara bertahap (3-4 kali tuang). Aduk perlahan saja hingga tercampur rata. Aduk dengan balon whisk atau spatula, hingga benar-benar tercampur rata adonannya..
  4. Siapkan loyang ciffon, jangan dioles margarin. Lalu tuang adonan dalam loyang. Ratakan. Saya menggunakan loyang ciffon diameter 26 cm..
  5. Sebelumnya oven sudah kita panaskan dengan suhu 170°C selama 15 - 20 menit. Lalu kita masukkan loyang dalam oven. Panggang dengan api atas bawah sekitar 20 - 25 menit, hingga permukaan cake nya agak kecoklatan/ berkulit. Lalu keluarkan dan kerat menggunakan pisau yg tajam. Buat beberapa keratan sesuai selera. Setelah itu panggang kembali dgn suhu 160°C api atas bawah selama 30 menit..
  6. Setelah 30 menit, turunkan suhu nya menjadi 140° - 150°C dengan api bawah saja selama 40 menit atau hingga matang. Ingat ya moms setiap oven itu berbeda-beda tingkat kepanasannya, jadi kenali oven masing-masing....
  7. Setelah matang segera keluarkan dari oven dan balikkan loyangnya, bisa disangga menggunakan botol sirup atau disangga dengan gelas. Biarkan hingga cake benar-benar dingin sekitar 2 jam..
  8. Cara mengeluarkan cake dari loyangnya yaitu kita seset menggunakan pisau di pinggiran loyangnya. Hati-hati ya mom supaya tidak somplak cakenya.... Hasilnya lembut, menul, wangi dan tidak seret..

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ciffon cake pandan menul lembut tanpa pengembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment

Previous Post Next Post