Resep Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo Anti Gagal

Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo.

Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo

Lagi mencari ide resep kue lumpang pandan / kue hijau / kue ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lumpang pandan / kue hijau / kue ijo yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue lumpang pandan / kue hijau / kue ijo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kue lumpang pandan / kue hijau / kue ijo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah kue lumpang pandan / kue hijau / kue ijo yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo memakai 13 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo:

  1. Ambil Bahan A.
  2. Ambil 200 ml santan (saya : 1 pack santan instan 65ml + air 135ml).
  3. Siapkan 50 ml air pandan (saya: 3 lembar pandan diblender dgn air).
  4. Siapkan 100 gr gula pasir.
  5. Sediakan 2 lembar daun pandan (diikat).
  6. Siapkan Sejumput garam.
  7. Ambil 1 sdt esens pandan (sekiranya saja sampai warnanya pas).
  8. Ambil Bahan B.
  9. Siapkan 100 gr sagu tani / tepung tapioka.
  10. Sediakan 25 gr tepung beras.
  11. Gunakan Perlengkapan tambahan.
  12. Sediakan 10-12 pcs cetakan mawar dia. 6,5cm.
  13. Gunakan Minyak untuk dioles di cetakan.

Langkah-langkah membuat Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo:

  1. Blender daun pandan dengan air untuk mendapatkan air pandan, kalau ada suji lebih bagus lagi untuk warna alaminya.
  2. Campur bahan A dalam 1 panci, lalu panaskan di kompor. Aduk rata hingga mendidih. Lalu sisihkan, biarkan hangat.
  3. Sembari menunggu bahan A jadi hangat, siapkan bahan B. Dan sekalian oleskan minyak di wadah cetakan. Sekalian bisa panaskan kukusan yang sudah diisi air..
  4. Setelah bahan A hangat, masukkan perlahan ke bahan B. Aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil lagi. Kalau warna hijaunya dirasa agak pucat, bisa tambahkan sedikit esens pandan lagi. Setelah semua teraduk rata, saring campuran tersebut agar tidak banyak gelembung udara..
  5. Sendokkan adonan ke wadah cetakan mawar dan masukkan ke dalam kukusan. Kukus selama 20-30 menit. Bisa lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi utk melihat apakah sudah matang atau belum..
  6. Kue lumpang siap disajikan. Yg mau pakai kelapa parut bisa kukus dulu kelapa parut yg dicampur sedikit garam. Lalu bisa langsung coel kelapanya dengan si kue ini..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Lumpang Pandan / Kue Hijau / Kue Ijo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Post a Comment

Previous Post Next Post