Resep Brownies Kukus Coklat Pandan yang Enak Banget

Brownies Kukus Coklat Pandan.

Brownies Kukus Coklat Pandan

Lagi mencari ide resep brownies kukus coklat pandan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal brownies kukus coklat pandan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari brownies kukus coklat pandan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan brownies kukus coklat pandan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah brownies kukus coklat pandan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Brownies Kukus Coklat Pandan memakai 13 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Brownies Kukus Coklat Pandan:

  1. Ambil 4 Butir telur.
  2. Gunakan 120 gr Gula pasir.
  3. Gunakan 1/2 sdt Sp.
  4. Gunakan 1/2 sdt Vanili bubuk.
  5. Sediakan 1/4 sdt Garam.
  6. Gunakan 90 gr Tepung terigu.
  7. Sediakan 40 gr Tepung maizena.
  8. Sediakan 1/4 sdt Baking Powder.
  9. Gunakan 120 ml Minyak goreng.
  10. Ambil 70 gr Dark Chocolate (lelehkan).
  11. Ambil 1/2 sdt Pasta coklat.
  12. Gunakan 1/2 sdt Pasta Pandan.
  13. Siapkan Toping sesuaikan selera masing². Saya meses dan keju.

Cara menyiapkan Brownies Kukus Coklat Pandan:

  1. Oles loyang dgn margarin tipis2 saja, kemudian alasi loyang dgn kertas roti, klo tidak ada kertas roti bisa ditaburi terigu tipis² saja..
  2. Siapkan wadah, masukkan 4 butir telur, 120gr gula pasir, 1/2 sdt vanili bubuk, 1/2 sdt Sp, kemudian mixer dgn kecepatan maximal hingga mengembang, kental dan berjejak ± 10 menit..
  3. Jika sudah mengental, matikan mixer, masukkan 90gr tepung terigu, 40gr tepung maizena, 1/4 sdt baking powder yg sudah diayak agar tidak ada bahan yg menggumpal, aduk rata menggunakan spatula..
  4. Masukkan 120ml minyak goreng, aduk sampai rata. Pastikan tidak ada cairan yg mengendap di bawah adonan agar browniesnya tidak bantat..
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata. Adonan yg pertama masukkan dark chocolate yg telah dilelehkan, tambahkan 1/2sdt pasta coklat, aduk rata menggunakan spatula..
  6. Adonan yg kedua, masukkan 1 sdt pasta pandan, aduk rata sisihkan dahulu..
  7. Tuang adonan coklat ke dalam loyang, hentak²an supaya udara yg terjebak dalam adonan bisa keluar. Kukus adonan coklat selama 10 menit (sebelumnya kukusan sudah dipanaskan terlebih dahulu dgn api sedang). Bungkus tutup kukusan dgn kain agar tidak ada uap air yg menetes ke adonan..
  8. Jika sudah 10 menit, buka tutup kukusan dan timpa adonan coklat dgn adonan hijau, kukus kembali ± 30 menit hingga matang..
  9. Jika sudah matang, angkat adonan dan lepas kertas roti, biarkan dingin terlebih dahulu baru dikasih toping sesuai selera ya Bunda.. 😁.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat brownies kukus coklat pandan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment

Previous Post Next Post